Menu

Friday, February 1, 2019

Pengertian Dan Perbedaan Translator, Compiler, Assembler, dan Interpreter

Pengertian Dan Perbedaan Translator, Compiler, Assembler, dan Interpreter



Program komputer adalah seperangkat instruksi untuk komputer untuk melakukan tugas tertentu. Sebagian besar program ditulis dalam bahasa tingkat tinggi atau bahasa assembly. Program-program ini mudah dibaca dan dimengerti oleh programmer tetapi tidak dimengerti oleh komputer.
Komputer hanya mengerti bahasa mesin. Ini terdiri dari biner yang satu dan nol. Oleh karena itu, program tingkat tinggi atau perakitan harus diubah menjadi bahasa mesin agar komputer memahami petunjuknya. Compiler, interpreter dan assembler adalah penerjemah yang mengkonversi program berbasis bahasa tingkat tinggi atau perakitan ke bahasa mesin.




 




Pengertian Interpreter

Interpreter juga penerjemah bahasa yang mengubah program tingkat tinggi menjadi kode mesin. Tidak seperti compiler, interpreter mengkonversi kode sumber ke kode mesin baris demi baris. Karena ia memeriksa baris demi baris, waktu pemindaian lebih rendah. Tetapi waktu eksekusi keseluruhan lebih tinggi.
Interpreter menampilkan kesalahan pada suatu waktu. Programmer harus memperbaiki kesalahan itu untuk menafsirkan baris berikutnya. Bahasa pemrograman seperti Python, Ruby, PHP, Perl adalah beberapa contoh bahasa berbasis penerjemah.

Pengertian Assembler

Selain bahasa tingkat tinggi dan bahasa mesin, ada bahasa lain yang disebut bahasa assembly. Bahasa assembly ada di antara bahasa tingkat tinggi dan bahasa mesin. Ini lebih dekat ke bahasa mesin daripada bahasa tingkat tinggi. Ini juga disebut bahasa tingkat rendah. Bahasa ini tidak mudah dibaca dan dimengerti oleh programmer seperti bahasa pemrograman tingkat tinggi. Assembler bekerja sebagai penerjemah dalam mengubah program bahasa assembly menjadi kode mesin.

Perbedaan Antara Compiler Interpreter dan Assembler

Definisi


  • Compiler: Compiler adalah perangkat lunak yang mengubah program yang ditulis dalam bahasa tingkat tinggi ke bahasa mesin.
  • Interpreter: Interpreter adalah perangkat lunak yang menerjemahkan program bahasa tingkat tinggi ke bahasa mesin.
  • Assembler: Assembler adalah perangkat lunak yang mengubah program yang ditulis dalam bahasa assembly ke bahasa mesin.

Fungsionalitas


  • Compiler: Compiler mengkonversi seluruh program bahasa tingkat tinggi ke bahasa mesin pada suatu waktu.
  • Interpreter: Interpreter mengubah program bahasa tingkat tinggi ke bahasa mesin baris demi baris.
  • Assembler: Assembler mengubah program bahasa assembly menjadi bahasa mesin.

Bahasa


  • Compiler: Bahasa seperti C, C ++ menggunakan compiler untuk mengonversi kode.
  • Interpreter: Bahasa seperti Ruby, Perl, Python, PHP menggunakan Interpreter.
  • Assembler: Bahasa assembly menggunakan assembler.



Kesimpulan
Compiler, Interpreter dan Assembler adalah penerjemah bahasa. Perbedaan antara compiler interpreter dan assembler adalah bahwa compiler mengkonversi seluruh program bahasa tingkat tinggi ke bahasa mesin pada suatu waktu sementara interpreter mengkonversi program bahasa tingkat tinggi ke bahasa mesin baris demi baris dan assembler mengkonversi program bahasa assembly ke bahasa mesin.

Source :
1.  http://ajis013.blogspot.com/2016/12/perbedaan-translator.html
2. https://perbedaan.xyz/perbedaan-compiler-interpreter-dan-assembler.html













Share This

Latest
Next Post
Alfadin R

Written by

Related Posts

0 comments: